Makalah Kewarganegaraan | Masalah Perbatasan NKRI dan Upaya Penanggulangannya
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Wilayah perbatasan yang meliputi
wilayah daratan dan perairan merupakan manifestasi kedaulatan suatu negara.
Letak strategis wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI]) yang berada
diantara dua benua yaitu benua Australia dan benua Asia serta diapit oleh dua
samudera yaitu samudera Hindia dan Samudera Pasifik merupakan kawasan potensial
bagi jalur lalu-lintas antar negara. Disamping itu Indonesia merupakan negara
kepulauan (Archipelagic States) yaitu suatu negara yang terdiri dari
sekumpulan pulau-pulau, perairan yang saling bersambung (Interconnecting
Waters) dengan karakteristik alamiah lainnya dalam pertalian yang erat
sehingga membentuk satu kesatuan.
Masyarakat Indonesia khususnya para
generasi muda diharapkan mengambil peran
kepeloporan untuk mengembangkan sains dan teknologi serta industri kemaritiman
yang hingga saat ini masih jauh dari ideal. Pengembangan ke arah tersebut
kerapkali terkendala oleh perpspektif keliru dalam memandang karakteristik yang
muncul dari kemaritiman Indonesia. Contohnya, laut dan sungai kerapkali dilihat
sebagai penghalang yang harus diatasi, padahal laut dan sungai merupakan
penghubung dan pemersatu antar pulau. Perspektif keliru inilah yang pertama
harus dipecahkan oleh pemuda Indonesia karena telah banyak dianut oleh para
pengambil kebijakan di republik ini.
1. 2. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
berdasarkan permasalahan di atas adalah sebagai berikut.
Mengetahui kondisi wilayah perbatasan Negara Kesatuan
Republik Indonesia
Mengetahui
kendala dalam menjaga keutuhan
wilayah perbatasan
NKRI
Mengetahui makna keutuhan
bangsa dan NKRI
Mengetahui peran arsip
dalam mengawal keutuhan wilayah NKRI
Mengetahui peran serta pemuda dalam menjaga keutuhan NKRI
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Kondisi
Wilayah Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia
Indonesia
yang terletak di benua Asia bagian Tenggara (Asia Tenggara) pada koordinat
6°LU - 11°08'LS dan dari 95°'BB - 141°45'BT, melintang di antara benua
Asia dan Australia/Oseani serta antara
Samudra Pasifik dan Samudra Hindia (terbentang sepanjang 3.977 mil). Karena
letaknya yang berada di antara dua benua, dan dua samudra, ia disebut juga sebagai Nusantara
(Kepulauan Antara).
Sebagai
negara kepulauan Indoneia memiliki ±17.505 pulau yang tersebar diseluruh
wilayah Indonesia dengan perbandingan luas daratan dan perairan yaitu 1:3.
Dengan jumlah pulau yang banyak ternyata menimbulkan berbagai pemasalahan
seperti kaburnya batas-batas wilayah negara (sengketa pulau sipadan-ligitan,
sengketa blok Ambalat), penyelundupan barang dan jasa, pembalakan liar (Illegal
Logging), Perdagangan manusia (Traffic King), Terorisme, maraknya
kejahatan trans nasional (Transnational Crimes) serta eksplorasi dan
eksploitasi sumber daya alam. Selain permasalahan diatas masih terdapat
kekurangsigapan Pemerintah RI dalam menjaga integritas wilayah kedaulatan
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) indikasinya adalah terhadap +/-
17.505 pulau yang dipublikasikan selama ini belum didukung oleh data secara
resmi mengenai nama dan posisi geografisnya. Terlebih, informasi tentang data
pulau-pulau hingga saat ini berbeda-beda antara satu lembaga dengan lembaga
lainnya. LIPI menyebutkan ada 6.127 nama pulau pada tahun 1972, Pussurta (Pusat
Survey dan Data) ABRI mencatat 5.707 nama pulau pada tahun 1987, dan pada tahun
1992, Bakosurtanal menerbitkan Gazetteer nama-nama Pulau dan Kepulauan
Indonesia sebanyak 6.489 pulau yang bernama. Perbedaan data tersebut
mencerminkan bahwa Indonesia masih lemah dalam pengelolaan wilayah lautnya,
karena dari 17.508 pulau yang diklaim Indonesia hanya beberapa persen saja yang
sudah memiliki nama.
Sebagai negara berdaulat, Indonesia
harus segera mendepositkan data-data pulau yang dimiliki sebagai bukti atau
arsip negara. Hal ini penting mengingat bahwa, pulau-pulau yang telah
didepositkan akan menjadi salah satu acuan atau landasan Indonesia dalam
menyelesaikan sengketa perbatasan.
Luas daratan
Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km². Pulau
terpadat penduduknya adalah pulau Jawa,
dimana setengah populasi Indonesia hidup. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar,
yaitu: Jawa dengan luas 132.107 km², Sumatra dengan luas 473.606 km², Kalimantan
dengan luas 539.460 km², Sulawesi dengan luas 189.216 km², dan Papua dengan luas 421.981 km².
Batas wilayah Indonesia searah penjuru mata angin, yaitu:
Utara:
Negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut China Selatan
Selatan:
Negara Australia, Timor Leste, dan Samudera Hindia
Barat:
Samudera Hindia
Timur:
Negara Papua Nugini, Timor Leste, dan Samudera Pasifik
Beberapa
permasalahan yang menonjol di daerah perbatasan adalah sebagai berikut:
1. Belum adanya kepastian secara lengkap garis batas laut maupun darat.
2.
Kondisi
masyarakat di wilayah perbatasan masih tertinggal, baik sumber daya manusia,
ekonomi maupun komunitasnya.
3.
Beberapa
pelanggaran hukum di wilayah perbatasan seperti penyelundupan kayu /illegal
logging, Illegal fishing, perdagangan manusia (Traffick King), penyelundupan
narkoba dan lain-lain.
4.
Pengelolahan
perbatasan belum optimal, meliputi kelembagaan, kewenangan maupun program.
5.
Eksploitasi
sumber daya alam secara ilegal, terutama hasil hutan dan kekayaan laut.
6. Lemahnya
kualitas dan profesionalisme aparatur negara (stake holders) baik di pusat
maupun di daerah.
2.2. Masalah Perbatasan Indonesia
Indonesia
memiliki wilayah perbatasan dengan 10 negara, baik perbatasan darat maupun perbatasan
laut. Batas darat wilayah Republik Indonesia bersinggungan langsung dengan
negara-negara Malaysia, Papua New Guinea, dan Timor Leste.
Perbatasan darat Indonesia tersebar
di tiga pulau, empat provinsi dan 15 kabupaten/kota yang masing-masing memiliki
karakteristik berbeda-beda. Sedangkan wilayah laut Indonesia berbatasan dengan
10 negara, yaitu India, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina,
Republik Palau, Australia, Timor Leste, dan Papua New Guinea.
Di antara wilayah-wilayah yang berbatasan
dengan negara tetangga, terdapat 92 pulau-pulau kecil. Ada 12 pulau-pulau kecil
yang menjadi prioritas pengelolaan karena mempunyai nilai yang sangat strategis
dari sisi pertahanan keamanan dan kekayaan sumber daya alam. 12 Pulau-Pulau
Kecil Terluar (PPKT) tersebut adalah Pulau Rondo di NAD, Pulau Berhala di
Sumatera Utara, Pulau Nipa dan Sekatung di Kepulauan Riau, Pulau Marampit,
Pulau Marore dan Pulau Miangas di Sulawesi Utara, Pulau Fani, Pulau Fanildo dan
Pulau Brass di Papua, serta Pulau Dana dan Batek di Nusa Tenggara Timur.
Kawasan-kawasan perbatasan tersebut
memegang peranan penting dalam kerangka pembangunan nasional. Kawasan
perbatasan dalam perkembangannya berperan sebagai beranda Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI) yang merupakan cermin diri dan tolok ukur pembangunan
nasional. Kedudukannya yang strategis menjadikan pengembangan kawasan
perbatasan salah satu prioritas pembangunan nasional.
Survei mengenai penetapan Titik
Dasar atau Base Point telah dilaksanakan oleh Dishidros TNI AL pada tahun 1989
hingga 1995 dengan melakukan Survei Base Point sebanyak 20 kali dalam bentuk
survei hidro-oseanografi. Titik-titik Dasar tersebut kemudian diverifikasi oleh
Bakosurtanal pada tahun 1995-1997.
Pada tahun 2002, Pemerintah RI
menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2002, tentang “Daftar Koordinat
Geografis Titik-Titik Garis Pangkal Kepulauan Indonesia”, di mana di dalamnya
tercantum 183 Titik Dasar perbatasan wilayah RI. Namun demikian, terlepas dari
telah diterbitkannya PP 38 Tahun 2002, telah terjadi perubahan-perubahan yang
tentunya mempengaruhi konstelasi perbatasan RI dengan negara tetangga seperti
Timor Leste pasca referendum dan status Pulau Sipadan-Ligitan pasca keputusan
Mahkamah Internasional.
Di samping itu, patut pula dipertimbangkan
untuk melakukan penge-cekan ulang terhadap pilar-pilar yang dibuat pada saat
Survei Base Point yang dilakukan pada sekitar 10 tahun lalu. Monumentasi ini
perlu dilakukan sebagai bukti fisik kegiatan penetapan yang telah dilakukan
serta menjadi referensi bila perlu dilakukan survei kembali di masa mendatang.
Hingga saat ini terdapat beberapa
permasalahan perbatasan antara Indonesia dengan negara tetangga yang masih
belum diselesaikan secara tuntas. Permasalahan perbatasan tersebut tidak hanya
menyangkut batas fisik yang telah disepakati namun juga menyangkut cara hidup
masyarakat di daerah tersebut, misalnya para nelayan tradisional atau kegiatan
lain di sekitar wilayah perbatasan.
·
RI – Malaysia
o
Kesepakatan yang sudah ada antara
Indonesia dengan Malaysia di wilayah perbatasan adalah garis batas Landas
Kontinen di Selat Malaka dan Laut Natuna berdasarkan Persetujuan antara
Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Kerajaan Malaysia tentang pene-tapan
garis batas landas kontinen antara kedua negara (Agreement Between Government
of the Republic Indonesia and Government Malaysia relating to the delimitation
of the continental shelves between the two countries), tanggal 27 Oktober 1969
dan diratifikasi dengan Keppres Nomor 89 Tahun 1969.
o
Berikutnya adalah Penetapan Garis
Batas Laut Wilayah RI – Malaysia di Selat Malaka pada tanggal 17 Maret 1970 di
Jakarta dan diratifikasi dengan Undang-undang Nomor 2 Tahun 1971 tanggal 10
Maret 1971. Namun untuk garis batas ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) di Selat
Malaka dan Laut China Selatan antara kedua negara belum ada kesepakatan.
o
Batas laut teritorial Malaysia di
Selat Singapura terdapat masalah, yaitu di sebelah Timur Selat Singapura, hal
ini mengenai kepemilikan Karang Horsburgh (Batu Puteh) antara Malaysia dan
Singapura. Karang ini terletak di tengah antara Pulau Bintan dengan Johor
Timur, dengan jarak kurang lebih 11 mil. Jika Karang Horsburg ini menjadi milik
Malaysia maka jarak antara karang tersebut dengan Pulau Bintan kurang lebih 3,3
mil dari Pulau Bintan.
o
Perbatasan Indonesia dengan Malaysia
di Kalimatan Timur (perairan Pulau Sebatik dan sekitarnya) dan Perairan Selat
Malaka bagian Selatan, hingga saat ini masih dalam proses perundingan. Pada
segmen di Laut Sulawesi, Indonesia menghendaki perundingan batas laut
teritorial terlebih dulu baru kemudian merundingkan ZEE dan Landas Kontinen.
Pihak Malaysia berpendapat perundingan batas maritim harus dilakukan dalam satu
paket, yaitu menentukan batas laut teritorial, Zona Tambahan, ZEE dan Landas
Kontinen.
o
Sementara pada segmen Selat Malaka
bagian Selatan, Indonesia dan Malaysia masih sebatas tukar-menukar peta
illustrasi batas laut teritorial kedua negara.
·
RI – Thailand
o
Indonesia dan Thailand telah
mengadakan perjanjian landas kontinen di Bangkok pada tanggal 17 Desember 1971,
perjanjian tersebut telah diratifikasi dengan Keppres Nomor 21 Tahun 1972.
Perjanjian perbatasan tersebut merupakan batas landas kontinen di Utara Selat
Malaka dan Laut Andaman.
o
Selain itu juga telah dilaksanakan
perjanjian batas landas kontinen antara tiga negara yaitu Indonesia, Thailand
dan Malaysia yang diadakan di Kuala Lumpur pada tanggal 21 Desember 1971.
Perjanjian ini telah diratifikasi dengan Keppres Nomor 20 Tahun 1972.
o
Perbatasan antara Indonesia dengan
Thailand yang belum diselesaikan khususnya adalah perjanjian ZEE.
·
RI – India
o
Indonesia dan India telah mengadakan
perjanjian batas landas kontinen di Jakarta pada tanggal 8 Agustus 1974 dan
telah diratifikasi dengan Keppres Nomor 51 Tahun 1974 yang meliputi perbatasan
antara Pulau Sumatera dengan Nicobar.
o
Selanjutnya dilakukan perjanjian
perpanjangan batas landas kontinen di New Dehli pada tanggal 14 Januari 1977
dan diratifikasi dengan Keppres Nomor 26 Tahun 1977 yang meliputi Laut Andaman
dan Samudera Hindia.
Perbatasan tiga negara,
Indonesia-India- Thailand juga telah diselesaikan, terutama batas landas
kontinen di daerah barat laut sekitar Pulau Nicobar dan Andaman. Perjanjian
dilaksankaan di New Delhi pada tanggal 22 Juni 1978 dan diratifikasi dengan
Keppres Nomor 25 Tahun 1978. Namun demikian kedua negara belum membuat
perjanjian perbatasan ZEE.
·
RI – Singapura
o
Perjanjian perbatasan maritim antara
Indonesia dengan Singapura telah dilaksanakan mulai tahun 1973 yang menetapkan
6 titik koordinat sebagai batas kedua negara. Perjanjian tersebut kemudian
diratifikasi dengan Undang-undang Nomor 7 tahun 1973.
Permasalahan yang muncul adalah
belum adanya perjanjian batas laut teritorial bagian timur dan barat di Selat
Singapura. Hal ini akan menimbulkan kerawanan, karena Singapura melakukan
kegiatan reklamasi wilayah daratannya. Reklamasi tersebut mengakibatkan wilayah
Si-ngapura bertambah ke selatan atau ke Wilayah Indonesia.
o
Penentuan batas maritim di sebelah
Barat dan Timur Selat Singapura memerlukan perjanjian tiga negara antara
Indonesia, Singapura dan Malaysia. Perundingan perbatasan kedua negara pada
Segmen Timur, terakhir dilaksanakan pada 8-9 Februari 2012 di Bali (perundingan
ke-2).
·
RI – Vietnam
Perbatasan Indonesia – Vietnam di
Laut China Selatan telah dicapai kesepakatan, terutama batas landas kontinen
pada tanggal 26 Juni 2002. Akan tetapi perjanjian perbatasan tersebut belum
diratifikasi oleh Indonesia. Selanjutnya Indonesia dan Vietnam perlu membuat
perjanjian perbatasan ZEE di Laut China Selatan. Perundingan perbatasan kedua
negara terakhir dilaksanakan pada 25-28 Juli 2011 di Hanoi (perundingan ke-3).
Dan masih banyak lagi perjanjian
antara negara RI degan negara lainnya . Intinya adalah Negara Indonesia begitu
luas dan memiliki begitu banyak wilayah perbatasan. Serta mempunyai perjanjian
dan permasalahan yang timbul dengan negara lain .
2.3 Ancaman Masalah Perbatasan Indonesia
Masalah
wilayah perbatasan negara merupakan salah satu persoalan keamanan yang krusial
bagi setiap negara berdaulat karena ancaman keamanan dapat datang dari luar dan
melalui wilayah perbatasan. Ancaman ini dapat berupa agresi, aktivitas
intelijen, blokade, pencurian aset dan sumber daya alam, penyebaran penyakit
dan sebagainya. Sebagai negara berdaulat, Indonesia tentunya juga memiliki
strategi perbatasan untuk mengantisipasi berbagai potensi ancama yang mungkin
terjadi. Awalnya, persoalan pengelolaan wilayah perbatasan negara hanya menjadi
salah satu isu sensitif politik dan pertahanan, terutama dalam hal mempengaruhi
kerjasama atau ketegangan bilateral antara dua negara yang memiliki wilayah
berbatasan langsung.
Seiring dengan
perkembangan zaman, sensitivitas isu-isu pengelolaan wilayah perbatasan negara
juga menjadi problem multilateral dan bahkan internasional, dimana kemajuan
tekonologi dan beroperasinya kepentingan negara dan korporasi yang lintas
negara memungkinkan intervensi sejumlah pihak yang lebih luas melalui perbagai
mekanisme internasional. Sementara di masa kini, dibutuhkan suatu kemajuan dalam
kearifan dan kemampuan mendeteksi ancaman, membangun strategi pengelolaan dan
pertahanan serta mengatasi ancaman-ancaman tersebut dengan lebih elegan,
konstitusional dan tunduk pada ketentuan-ketentuan internasional. Pilihan
pengerahan kekuatan bersenjata pada saat-saat genting dalam sebuah negara
modern yang demokratis, termasuk dalam mengatasi persoalan perbatasan; politik;
pertahanan negara; memulihkan kembali kondisi damai; mematuhi prinsip
non-diskriminasi; dan proporsional.
Persoalan-persoalan
terkait wilayah perbatasan Negara meliputi kedaulatan negara, warga negara atau
penduduk negara, danwilayah negara. Faktor kedaulatan terkait dengan ancaman
terhadap otoritas yang dimiliki negara untuk mengatur dirinya sendiri,
memanfaatkan sumber daya alam dan barang buatan sendiri, dan mendapatkan
pengakuan (recognition) internasional sebagai sebuah Negara berdaulat.
Sehingga segala upaya untuk menghilangkan dan melanggar kedaulatan tersebut
harus dipandang sebagai ancaman terhadap negara. Faktor warga negara terkait
dengan ancaman atas keselamatan atau jaminan terpenuhinya hak dasar setiap
individu.
Sementara
faktor wilayah terkait dengan ancaman atas keutuhan wilayah, yang berupa tanah,
air dan udara, yang menjadi milik sebuah negara. Ancaman terhadap kedaulatan
berarti pula ancaman terhadap hak dasar warga negara dan keutuhan wilayah.
Sebaliknya pun demikian, ancaman terhadap hak dasar warga negara merupakan pula
ancaman terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah.
Secara umum,
berdasarkan pendekatan sumber ancaman, maka ancaman dapat dibagi ke dalam tiga
tipe yaitu ancaman internal, ancaman eksternal dan ancaman internal-eksternal.
Ancaman internal adalah ancaman yang berasal dari dalam negara, seperti
pemberontakan dan konflik komunal. Sementara ancaman eksternal adalah ancaman
yang berasal dari luar negara, yang seringkali diidentikan dengan ancaman dari
negara lain atau negara musuh. Sementara ancaman internal-eksternal merupakan
ancaman yang tidak dapat dipastikan secara tepat sumbernya, seperti serangan
terorisme global. Ketiga ranah ancaman tersebut tidak berdiri terpisah satu
dengan yang lainnya melainkan saling terkait membentuk jaring-jaring ancaman.
Ancaman keamanan di wilayah perbatasan negara Indonesia dapat dibagi ke dalam
dua kategori yaitu, ancaman yang berasal dari aktor non-negara dan ancaman yang
berasal dari negara. Penyelundupan senjata kecil dan ringan atau small arms
& light weapons (SALW) ke daerah-daerah konflik di Indonesia merupakan
salah satu contoh penyelundupan yang terjadi di perbatasan Indonesia.
2.4
Upaya
Menjaga Keutuhan NKRI
Sebagai negara dengan
penduduk yang tersebar dalam pulau-pulau besar maupun kecil, tentu saja
terdapat beragamnya harapan, kehendak dan kebutuhannya beraneka macam pula.Pada
masa penjajahan, para pahlawan membela dan menjaga keutuhan Indonesia dengan
berjuang. Cara berjuangnya bermacam-macam. Ada yang maju berlaga di medan
pertempuran. Ada pula yang berjuang lewat pergerakan. Mereka berjuang dengan
pikiran, tulisan-tulisan, dan ilmu pengetahuan. Pada masa perjuangan
kemerdekaan, dua cara memperjuangkan kemerdekaan Indonesia ini sama-sama tinggi
nilainya. Saat ini Indonesia tidak lagi dijajah oleh bangsa asing. Oleh karena
itu, kita tidak perlu lagi berperang melawan para penjajah. Meski demikian,
tugas kita tidak lebih ringan. Sebab, menjaga kemerdekaan justru lebih berat
daripada merebutnya. Bukan penjajah yang akan mengancam keutuhan negara kita.
Namun, sangat mungkin diri kita sendiri, putra-putri Indonesia ini. Mungkinkah
itu? Sangat mungkin, jika kita tidak berlaku sebagaimana mestinya sebagai
bangsa Indonesia. Jika kita salah mengurus negara ini, tidak mustahil kitalah
sendiri yang akan menghancurkan negara tercinta ini. Berikut adalah cara-cara
yang dapat kita lakukan untuk menjaga keutuhan NKRI.
Adapun cara yang dapat
ditempuh untuk menjaga kesatuan atau keutuhan NKRI adalah sebagai berikut :
1. Strategi Alternatif Penyelesaian Masalah Perbatasan
Indonesia perlu mengembangkan konsep “Deterrence” atau penangkalan. Dengan adanya deterrence ini diharapakan dapat memberikan dampak psikologis terhadap negara-negara yang akan melakukan serangan militer ke Indonesia atau melakukan tindakan-tindakan lainnya sehingga mereka akan mengetahui efeknya jika mereka berani untuk melakukan pelanggaran terhadap wilayah Indonesia dan jika terjadi serangan balasan (retaliation). Salah satu langkah untuk mewujudkan deterrence tersebut yaitu dengan melakukan modernisasi atau pembangunan kekuatan militer Indonesia.
Indonesia perlu mengembangkan konsep “Deterrence” atau penangkalan. Dengan adanya deterrence ini diharapakan dapat memberikan dampak psikologis terhadap negara-negara yang akan melakukan serangan militer ke Indonesia atau melakukan tindakan-tindakan lainnya sehingga mereka akan mengetahui efeknya jika mereka berani untuk melakukan pelanggaran terhadap wilayah Indonesia dan jika terjadi serangan balasan (retaliation). Salah satu langkah untuk mewujudkan deterrence tersebut yaitu dengan melakukan modernisasi atau pembangunan kekuatan militer Indonesia.
2. Pembaharuan
ALUTSISTA (alat utama system persenjataan) harus dilakukan, tidak hanya sekedar
perawatan persenjataan yang telah ada tetapi kita perlu membeli senjata dan
peralatan tempur lainnya yang modern juga memiliki teknologi yang canggih untuk
melindungai wilayah NKRI ini.
Kekuatan militer Indonesia terutama di bidang teknologi telah tertinggal jauh. Tetapi jika kita telah memiliki semua peralatan tersebut, kita jangan sampai lupa untuk menjaga atau merawatna sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan semua peralatan tersebut dapat digunakan dengan lancar. Indonesia terkadang terlalu sering membangun tetapi lupa untuk menjaga atau merawatnya, hal ini diperkuat dengan data alutisista yang hampir 40% yang ada tidak dapat dioperasikan .
Modrenisasi perangkat ALUTSISTA (alat utama sistem persenjataan) dari ketiga Angakata bersenjata (Angkatan Darat(AD), Angkatan Udara(AU) dan Angkatan Laut(AL)) mutlak dibutukan. Keterpurukan yang teradi selama ini dalam menghadapi permasalahan perbatasan, point pentingnya adalah peningkatan, pengadaan serta pembaharuan ALUTSISTA Indonesia yang seharusnya menjadi paling utama. Hal yang sangat berlebihan ketika meminta TNI untuk bekerja optimal tanpa didukung oleh persenjataan yang memadai, pengadaan ALUTSISTA selama ini hanya diberikan 32% dari anggaran departemen pertahanan, sangat kecil untuk pengadaan ALUTSISTA yang memadai khususnya dalam bidang AU dan AL yang secara domestik Indonesia belum memiliki kapasitas untuk mencapai teknologi dalam hal itu atau kemandirian dalam memproduksi ALUTSISTA AU, AL.
Kekuatan militer Indonesia terutama di bidang teknologi telah tertinggal jauh. Tetapi jika kita telah memiliki semua peralatan tersebut, kita jangan sampai lupa untuk menjaga atau merawatna sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan semua peralatan tersebut dapat digunakan dengan lancar. Indonesia terkadang terlalu sering membangun tetapi lupa untuk menjaga atau merawatnya, hal ini diperkuat dengan data alutisista yang hampir 40% yang ada tidak dapat dioperasikan .
Modrenisasi perangkat ALUTSISTA (alat utama sistem persenjataan) dari ketiga Angakata bersenjata (Angkatan Darat(AD), Angkatan Udara(AU) dan Angkatan Laut(AL)) mutlak dibutukan. Keterpurukan yang teradi selama ini dalam menghadapi permasalahan perbatasan, point pentingnya adalah peningkatan, pengadaan serta pembaharuan ALUTSISTA Indonesia yang seharusnya menjadi paling utama. Hal yang sangat berlebihan ketika meminta TNI untuk bekerja optimal tanpa didukung oleh persenjataan yang memadai, pengadaan ALUTSISTA selama ini hanya diberikan 32% dari anggaran departemen pertahanan, sangat kecil untuk pengadaan ALUTSISTA yang memadai khususnya dalam bidang AU dan AL yang secara domestik Indonesia belum memiliki kapasitas untuk mencapai teknologi dalam hal itu atau kemandirian dalam memproduksi ALUTSISTA AU, AL.
3. Pembangunan
ALUTSISTA (ALAT UTAMA SISTEM PERSENJATAAN)
· Postur
Paningkatan Persenjataan Sesuai Dengan Kondisi Geografis
Dengan kondisi geograsi yang selama ini hanya bertumpu pada matra angakatan darat, diubah menjadi matra angkatan laut dan udara, hal ini bertumpu pada hampir 75% wilayah Indonesia adalah perairan, hal ini menjadi sangat rasional dikarenakan indicator konflik perbatasan terjadi di perairan atau di wilayah kelautan dan udara, ini memudahkan juga untuk menghentikan atau preventif tindakan-tindakan kejahatan, sehingga secara pendek kita mengatakan bahwa konflik yang selama ini terjadi dikarenakan postur TNI selama ini hanya pada dataran “historical” seperti perjuangan melawan penjajah yang hanya berlangsung di darat saja, tentunya kesalahan ini menjadi titik bahwa perjuangan yang selama ini hanya berlangsung di darat, hal ini diperkuat dengan data-data telah disebutkan diatas.
Aspek yang selama ini menjadi prioritas TNI adalah pulau-pulau besar yang bedasrkan pada matra angkatan darat, hal ini sangat ironis dan kprespektif yang keliru baik dalam persepsi ancaman dan bentuk geografis, Postur TNI sebagai aparatur menjaga ketahanan kedaulatan negara, kekuatan personil TNI harus proporsional sesuai dengan kebutuhan, contoh ketimpangan yang terjadi adalah kekuatan personil yang ada dengan kondisi geografis indonesi yang luas adalah sekitar, 376.000 dengan 288.000 AD, dan 59.000 AL, dan 28.000 AU.
Dengan kondisi geograsi yang selama ini hanya bertumpu pada matra angakatan darat, diubah menjadi matra angkatan laut dan udara, hal ini bertumpu pada hampir 75% wilayah Indonesia adalah perairan, hal ini menjadi sangat rasional dikarenakan indicator konflik perbatasan terjadi di perairan atau di wilayah kelautan dan udara, ini memudahkan juga untuk menghentikan atau preventif tindakan-tindakan kejahatan, sehingga secara pendek kita mengatakan bahwa konflik yang selama ini terjadi dikarenakan postur TNI selama ini hanya pada dataran “historical” seperti perjuangan melawan penjajah yang hanya berlangsung di darat saja, tentunya kesalahan ini menjadi titik bahwa perjuangan yang selama ini hanya berlangsung di darat, hal ini diperkuat dengan data-data telah disebutkan diatas.
Aspek yang selama ini menjadi prioritas TNI adalah pulau-pulau besar yang bedasrkan pada matra angkatan darat, hal ini sangat ironis dan kprespektif yang keliru baik dalam persepsi ancaman dan bentuk geografis, Postur TNI sebagai aparatur menjaga ketahanan kedaulatan negara, kekuatan personil TNI harus proporsional sesuai dengan kebutuhan, contoh ketimpangan yang terjadi adalah kekuatan personil yang ada dengan kondisi geografis indonesi yang luas adalah sekitar, 376.000 dengan 288.000 AD, dan 59.000 AL, dan 28.000 AU.
·
Postur Peningkatan
Sesuai Dengan Efisiensi Anggaran Pertahanan Dan Ancaman
Selain itu itu juga aspek kekuatan yang harusnya dibangun adalah menyangkut ancaman ataupun pendekatan berdasarkan kemampuan, sehingga harus ada kombinasi dari kondisi ancaman dan besarnya anggaran dengan ketepatan pembelian ALUTSISTA bentuk ancaman. Untuk mendukung peningkatan ALUTISTA tentunya kita harus melihat bentuk ancaman yang diahadapi, pertama Ancaman Militer, ancaman yang menggunakan kekuatan persenjataan, yang membahayakan kedaulatan negara, seseprti, keutuhan wilayah negara, berupa agresi, pemberontakan bersenjata, spionase, dan agresi.
Selain itu itu juga aspek kekuatan yang harusnya dibangun adalah menyangkut ancaman ataupun pendekatan berdasarkan kemampuan, sehingga harus ada kombinasi dari kondisi ancaman dan besarnya anggaran dengan ketepatan pembelian ALUTSISTA bentuk ancaman. Untuk mendukung peningkatan ALUTISTA tentunya kita harus melihat bentuk ancaman yang diahadapi, pertama Ancaman Militer, ancaman yang menggunakan kekuatan persenjataan, yang membahayakan kedaulatan negara, seseprti, keutuhan wilayah negara, berupa agresi, pemberontakan bersenjata, spionase, dan agresi.
4.
Menjaga wilayah dan
kekayaan tanah air Indonesia
Dulu para pahlawan berperang dan berunding dengan penjajah. Mereka
berunding untuk menentukan batas-batas wilayah Indonesia. Hasilnya adalah
wilayah Indonesia seperti tergambar pada peta Indonesia saat ini. Wilayah itu
tentu tidak hanya berupa wilayah semata, namun meliputi semua kekayaan yang ada
di dalamnya. Misalnya penduduk, tumbuh-tumbuhan, hewan, serta kekayaan mineral
seperti minyak bumi, emas, batu bara, dan lain-lain. Wilayah dan segenap
kekayaan haruslah kita pertahankan dan kita jaga. Sebab di situlah letak
kedaulatan Negara kita. Kita tidak boleh membiarkannya diambil atau dirampas
bangsa asing atau orang perorangan. Tugas menjaga semua ini memang diserahkan
kepada Negara. Namun sebagai warga Negara, kita juga harus turut menjaganya.
5.
Saling menghormati
perbedaan
Berdiri di atas perbedaan tersebut meliputi agama, suku, adat istiadat,
bahasa daerah dan warna kulit. Semua perbedaan itulah yang jalin-menjalin
membangun Indonesia seutuhnya. Agar keutuhan Indonesia tetap terjaga, kita
harus menganggap perbedaan itu sebagai anugerah. Kita harus mensyukuri
perbedaan yang ada. Cara menjaga perbedaan-perbedaan itu dengan saling
menghormati teman yang berbeda agama suku, adat istiadat, bahasa daerah dan
warna kulit. Dengan demikian , kita turut menjaga keutuhan negara Indonesia.
6.
Mempertahankan kesamaan
dan kebersamaan
Bangsa Indonesia memiliki banyak perbedaan. Akan tetapi, bangsa
Indonesia juga memiliki banyak persamaan. Dalam naskah Sumpah Pemuda, kita
telah mengikrarkan bahwa kita adalah satu bangsa, bangsa Indonesia. Kita mengakui
bahwa kita satu tumpah darah, tumpah darah Indonesia. Kita juga mengakui bahwa
kita menjunjung tinggi bahasa persatuan, yaitu bahasa Indonesia. Itulah tiga
persamaan pokok yang dimiliki bangsa Indonesia. Selain itu, kita juga memiliki
Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, dan Sang Saka Merah Putih. Semua itu
adalah lambang pemersatu bangsa. Agar keutuhan Indonesia terjaga, kesamaan
tersebut haruslah tetap dijaga dan dipertahankan. Persamaan tersebut semestinya
dipertahankan oleh seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kebersamaan
antara sesama bangsa Indonesia haruslah terus dilestarikan.
7.
Menaati peraturan
Salah satu cara menjaga keutuhan Indonesia adalah dengan menaati
peraturan. Mengapa demikian? Peraturan dibuat untuk mengatur kehidupan
berbangsa dan bernegara. Tujuannya agar Indonesia menjadi lebih baik. Melalui
peraturan, Indonesia akan selamat dari kekacauan. Taat kepada undang-undang dan peraturan berlaku bagi seluruh
rakyat Indonesia. Peraturan berlaku baik untuk presiden maupun rakyat biasa, baik
tua maupun muda, baik yang kaya maupun yang miskin, baik laki-laki maupun
perempuan. Presiden juga harus
manaati undang-undang dalam mengatur Negara. Presiden menaati undang-undang
agar dapat melayani rakyat sebaik mungkin. Rakyat harus membantu pelaksanaan
program yang dicanangkan pemerintah. Para wajib pajak harus membayar pajak.
Para guru harus menaati undang-undang dengan bersungguh-sungguh mendidik
murid-muridnya. Sebaliknya, murid-murid menaati tata tertib sekolah agar
menjadi murid yang baik. Dengan menaati peraturan, keberhasilan dalam belajar
pun bias diraih. Jika semuanya bertindak sesuai dengan undang-undang, niscaya
Indonesia akan jaya untuk selama-lamanya.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Persoalan bangsa memang tidak dapat
segera diselesaikan, tetapi setidaknya dengan membangun kesadaran bagi pemuda,
maka peroblem ketahanan nasional memiliki harapan untuk makin diperkokoh.
Cara untuk menjaga keutuhan negara,
antara lain:
Bangga
sebagai bangsa Indonesia,
Menjaga
persatuan dan kesatuan wilayah bangsa,
Menjaga kekayaan budaya dan
keragaman suku bangsa dengan saling menghormati perbedaan,
Menjaga
kekayaan alam Indonesia sebagai warisan untuk digunakan generasi bangsa di masa
mendatang,
Menghargai
jasa-jasa pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
3.2. Saran
Negara Indonesia merupakan negara yang kaya akan
sumber daya alam, hal ini terlihat dari hasil alam yang melimpah. Hal ini lah seharusnya
menjadi pendorong dan motivasi bagi masyarakat Indonesia untuk menjaga kekayaan
alam yang terdapat di negara kita. Bagi pemerintah agar membuat
peraturan-peraturan yang lebih tegas untuk menjaga keutuhan negara Indonesia,
khususnya di daerah perbatasan Indonesia dengan daerah-daerah tetangga.
DAFTAR
PUSTAKA
0 comments:
Posting Komentar