Jumat, 02 Juli 2010

Mantan Letnan Polisi Federal Meksiko Yang Berperan Dalam Pengedaran Obat-obatan Ditangkap

Mexico City, Meksiko,- Polisi federal Meksiko telah menangkap seorang pemimpin pengedar obat terlarang yang merupakan mantan perwira polisi dan terkait dengan lebih dari 30 pembunuhan brutal, kata pihak berwenang , Rabu.

Miguel Miranda Ortiz, atau dikenal sebagai "Tyson," adalah seorang pemimpin untuk La Familia Michoacana di kota Morelia, kata polisi federal. Pihak berwenang menganggap dia bertanggung jawab untuk mengatur
orang-orang yang membunuh para pejabat setempat serta melakukan penculikan dan pemerasan, federal polisi anti-narkoba kepala Pequeno Ramon Eduardo Garcia mengatakan dalam konferensi pers yang disiarkan televisi.
Ortiz, 28, ditangkap Selasa di Morelia, di negara bagian Meksiko dari Michoacan.

Pihak berwenang mengatakan Ortiz terlibat dengan La Familia Michoacana pada tahun 2005 saat bekerja sebagai kepala polisi patroli negara. Pengemudi kendaraan Ortiz berhenti menawarkan sejumlah besar uang untuk membiarkan pengendara mobil pergi, Pequeno katanya.

"Sebagai imbalanya , ia memulai aktivitas ilegal di Morelia, menjadi seorang informan pada layanan  organisasi kriminal itu , pelaporan pergerakan kendaraan mencurigakan di kota dan  keberadaan otoritas polisi yang berbeda, yang  memberikan keamanan untuk anggota kelompok kriminal, "kata Pequeno.

Polisi mengatakan Ortiz terlibat dalam beberapa kejahatan yang paling besar setahun terakhir ini, termasuk serangan pada  Juni 2009 yang lalu saat  konvoi polisi federal yang menewaskan 12 perwira, dan pembunuhan 15 penjahat yang  melawan keinginan La Familia Michoacana bulan lalu.

Selain itu, kata polisi, Ortiz terlibat dalam:

- Kematian empat petugas polisi di pinggir jalan pada saat penyergapan Juni 2009. Anggota katel membuat panggilan ke polisi federal sehingga mereka  pergi ke tempat kejahatan terjadi  dan menyergap dalam perjalanan,kata  Ortiz kepada polisi.

- Pada  Juli 2009 mencoba untuk membebaskan pemimpin Familia Michoacana Arnoldo Rueda Madinah dengan menyerang beberapa kantor polisi federal dengan senjata kaliber besar dan granat fragmentasi.

- Juli 2009 pelaksanaan di rumah Morelia dari sekelompok orang yang termasuk dalam kartel obat Zetas saingan.

- September 2009 kematian Jose Manuel Revuelta, asisten sekretaris negara untuk keamanan publik.

- Memenggal kepala pejabat negara Delfino Josafat Lopez Tinoco pada bulan Oktober 2009. Kepala Lopez ditinggalkan di pendingin dengan pesan dari "The Resistance" yang ditulis di atas selembar kardus. Perlawanan sebagaimana dimaksud aliansi antara La Familia Michoacana dan kartel beberapa lainnya terhadap Zetas.

- Desember 2009 menyerang dengan senjata berat dan granat di Casablanca Hotel di Morelia, tempat di mana polisi federal menginap.

- Sebuah usaha pada bulan April tentang kehidupan Minerva Bautista Gomez, sekretaris keamanan publik di Michoacan. Serangan itu, adalah pembalasan atas perubahan yang dibuat dalam departemen polisi yang menghambat kepentingan kartel. Orang-orang dalam penembakan itu percaya bahwa mereka telah membunuh Bautista, padahal tidak.

Ortiz mengatakan kepada polisi, dia berpartisipasi dalam pelatihan oleh kartel, termasuk instruksi senjata api dan pelajarandi pegunungan Michoacan yang berlangsung sebulan dan diajarkan oleh mantan personil militer.

0 comments:

  © NUMPANG share template Newspaper Style by pak ELA

Back to TOP