Rabu, 19 Mei 2010

Keamanan Bangkok Menurun, 47 Negara Keluarkan Ultimatum

Bangkok, - Sebanyak 47 negara merilis peringatan-bepergian (travel advisory) bagi warganya yang ingin berkunjung ke Bangkok, Thailand. Peringatan itu diberlakukan menyusul situasi keamanan kota Bangkok yang memburuk dalam beberapa hari terakhir.

Israel, Italia, Denmark, dan Belanda adalah yang paling akhir mengeluarkan travel advisory. Sedangkan Saudi Arabia, Spanyol, Hong Kong, Uni Emirat Arab, China, Vietnam, Taiwan, dan Jerman telah mengeluarkannya pekan lalu. Sejumlah negara bahkan sudah menerbitkannya sekitar sebulan lalu saat kerusuhan pertama pecah.

Seperti dikutip dari laman Bangkok Post, Selasa, 18 Mei 2010, imbauan untuk tak mengunjungi Bangkok ini langsung memukul industri pariwisata setempat. Catatan kedatangan turis di bandara internasional Suvarvabhumi pada Senin, 17 Mei 2010, hanya 10 ribu orang. Ini merosot 70 persen dibandingkan kondisi normal yang rata-rata mencapai 27-30 ribu orang per hari.

Deputi Gubernur Pariwisata Thailand, Prakit Piriyakiat, mengatakan meski kedatangan wisatawan menurun tajam, pusat informasi tetap beroperasi selama 24 jam untuk melaporkan kondisi keamanan pusat perdagangan, agen travel, dan perkantoran. Pusat informasi juga menyediakan jasa bagi wisatawan yang terjebak dan ingin bergeser ke area wisata lainnya seperti Phuket dan Krabi.

Beberapa bulan terakhir terjadi rangkaian demonstrasi besar yang dilakukan kelompok antipemerintah yang tergabung dalam kelompok 'Kaos Merah'. Mereka terus mendesak Perdana Menteri Thailand, Abhisit Vejjajiva, agar segera menggelar pemilu ulang. Beberapa kali aksi diwarnai bentrokan dengan militer. Lima hari terakhir kondisi memanas, mengakibatkan 35 korban tewas dan 252 lainnya terluka.

0 comments:

  © NUMPANG share template Newspaper Style by pak ELA

Back to TOP