Jembatan-Jembatan Terkeren di Dunia
![]() |
Jembatan Millau Viaduct-Perancis |
Sejarah
Jembatan pertama yang dibuat dengan titian kayu untuk menyeberangi sungai. Ada juga orang yang menggunakan dua utas tali atau rotan, yang diikat pada bebatuan di tepi sungai. Seterusnya, batu digunakan, tetapi cuma sebagai rangka. Jembatan gerbang berbentuk melengkung yang pertama dibuat semasa zaman Emperor Roma, dan masih banyak jembatan dan saluran air orang Roma yang terkenal hingga hari ini. Orang-orang Roma juga mempunyai pengetahuan, yang menggunakan perbedaan kekuatan batu2 yang berbeda. Jembatan bata dan mortar dibuat pada zaman kaisar Romawi, karena sesudah zaman tersebut, teknologi pengetahuan telah hilang. Pada Zaman Pertengahan, tiang-tiang jembatan batu biasanya lebih besar sehingga menyebabkan kesulitan kepada kapal-kapal yang lalu-lalang di sungai tersebut.
Pada abad ke-18, mulai banyak pembaruan dalam pembuatan jembatan kayu oleh Hans Ulrich, Johannes Grubenmann dan lain-lain. Dengan kedatangan Revolusi Industri pada abad ke-19, sistem rangka (truss system) menggunakan besi untuk memajukan untuk pembuatan jembatan yang lebih besar, tetapi besi tidak mempunyai kekuatan ketegangan (tensile strength) yang cukup untuk beban yang besar. Apabila mempunyai kekuatan ketegangan yang tinggi, jembatan yang lebih besar akan dibuat, kebanyakannya menggunakan idea Gustave Eiffel, yang pertama kali dipertunjukkan di Menara Eiffel di Paris, Perancis. Yang sesuai digunakan untuk pembuatan jembatan yang panjang karena ia mempunyai kekuatan-kepada-berat yang tinggi, tetapi konkrit pula mempunyai kos penjagaan yang lebih murah. Jadi, selalunya "konkrit diperkuat" (reinforced concrete) digunakan - kekuatan ketegangan konkrit yang lemah diisi oleh kabel tembaga yang ditanam di dalam konkrit itu.
Berikut beberapa jembatan-jembatan yang paling unik di dunia :
1. Millau Viaduct

2. Jembatan Banpo
Jembatan Banpo melintas sepanjang Sungai Han di Seoul. Jembatan ikon ibukota Korea ini, juga di beri kehidupan baru dengan penambahan air mancur yang sangat menarik, khusus dirancang untuk menarik lebih banyak wisatawan. Air mancur di Jembatan Banpo telah diinstal pada 9 September, sejak menjadi jembatan wisata. Banpo Bridge, telah berubah menjadi daya tarik wisata. Setiap menit 190 ton air memancar melalui hampir 10.000 nozel (lebih tepatnya 9, 380) di kedua sisi jembatan. Menurut Wali Kota Seoul, Oh Se-Hoon, jembatan air mancur akan membantu mengakui Seoul sebagai tujuan ramah lingkungan yang mengumpulkan lebih banyak wisatawan.
3.Royal Gorge Bridge

4.Akashi-Kaiky Bridge
Ketinggiannya 298,3 m, terbentang diatas Selat Akashi dan menghunbungkan kota Kobe di pulau Honshu sampai Iwaya di Pulau Awaji. Selesai pada tahun 1998, ini adalah jembatan terpanjang di dunia kategori jembatan gantung, dengan rentang pusat 1.991 m.
5.New River Gorge Bridge
Jembatan besar lain di Amerika adalah New River Gorge Bridge. Berketinggian 267 m diatas sebuah sungai yg bernama New River. Lebih dari 17.000 mobil melintasi jembatan itu setiap hari dan dianggap sebagai jembatan kendaraan tertinggi di Amerika.The New River Gorge Bridge adalah jembatan baja terpanjang sebelum Jembatan Millau di Prancis, jembatan ini sekarang dipakai juga untuk olahraga Extreem Rappelling atau base jumping pada waktu Fayette country festival.
6.The Great Belt Fixed Link

7.The Golden Gate Bridge
Jembatan gantung elegan ini telah muncul dalam berbagai novel, pertunjukkan, film-film hollywood. Memiliki ketinggian 227.4 m dan menghubungkan kota San Fransisco dan kota Marin Country. Meskipun menghadapi reaksi keras dan tuntutan hukum, konstruksi jembatan selesai pada tahun 1937. Ini difasilitasi laju pertumbuhan ekonomi di kota dan di daerah sekitarnya. Arsitektur dan kemegahannya telah melekat dihati semua orang, tidak hanya warga setempat, Amerika, tapi semua orang di dunia.
8.Tatara Bridge
Jembatan Tatara yang menghubungkan pulau-pulau Jepang Honshu dan Shikoku di seberang Laut Pedalaman Seto dan dikenal memiliki rentang terpanjang dari jembatan kabel di dunia. Memiliki ketinggian 220 m( sampai menara baja ) dan memiliki pusat rentangan 890 m. Jembatan mengagumkan Jepang ini dibuka pada tahun 1999. Jembatan ini dibangun hanya dalam waktu 6 tahun dengan konstruksi yang mengagumkan.
9.Penang Bridge/ Jembatan Pulau Penang
Selain terkenal dengan Petronas Tower nya yang tergolong bangunan tertinggi di dunia, Malaysia membanggakan Jembatan Penang( orang setempat menamainya Jembatan Pulau Penang) sebagai satu dari kehebatan bangunan struktur nasional Malaysia. Dianggap sebagai jembatan terpanjang ketiga di dunia, Jembatan Penang berdiri 8.4 km di atas air, memiliki empat menara di midspan beridiri 101.5 m dan membentang 13.5 km dari Seberang Perai di daratan Malaysia sampai Gelugor di Pulau Penang. Butuh waktu 40 tahun sejak awal konsepsi sampai terwujud dan secara resmi dibuka pada tahun 1985. Sekarang jembatan itu melayani lebih dari 70.000 orang per hari dan tetap menjadi sumber kebanggaan bagi Malaysia.
10.Le Point De Normainde
Jembatan ini berlokasi di Prancis. Panjang'a 2.800 kaki dengan tinggi 165 m di atas permukaan air atas Sungai Siene. Pada saat selesai, biaya konstruksi mencapai 465 juta dolar.
11.The Verrazano-Narrows Bridge
Dinamai dengan nama penjelajah Italia terkenal "Giovanni de Verrazano", jembatan ini memiliki menara tinggi 693 kaki dan memiliki rentang pusat 4.260 kaki (1.298 m). Dibangun pada tahun 1964 sampai 1981, adalah jembatan gantung terbesar di dunia. Jembatan ini menghubungkan Brooklyn dengan State Island dan telah memainkan peranan penting dalam pembangunan kawasan Big Apple tersebut.
12.Jembatan Suramadu
Jembatan Suramadu ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia, setidaknya saat ini, karena mempunyai panjang 5.438 m. Yang unik dari jembatan Suramadu ialah adanya tiga bagian yang membagi jembatan ini, yakni jembatan penghubung (approach bridge), jembatan utama (main bridge) dan jembatan layang (causeway).
Tujuan utama dari dibangunnya jembatan Suramadu ialah untuk mempercepat prosespembangunan di wilayah pulau Madura, yakni pembangunan pada bidang ekonomi dan infrastruktur di Madura, yang cukup tertinggal jika dibandingkan kawasan lain di JawaTimur. Dan biaya untuk pembangunan jembatan Suramadu menghabiskan biaya kira-kira 4.5 triliun rupiah.
Ada 3 sisi yang digunakan dalam membangun jembatan Suramadu ini, yakni dari sisiSurabaya dan sisi bangkalan Madura. Selain itu, saat yang sama juga dibangun jembatan bentang tengah untuk membangun dari main bridge dan approach bridge.
0 comments:
Posting Komentar