Minggu, 11 Juli 2010

Model Inggris "Naomi Campbell" Jadi Saksi Atas Kasus Taylor

Inggris,- Supermodel inggris Naomi Campbell akan menjadi saksi atas kejahatan perang mantan Presiden Liberia Charles Taylor, kata wakilnya..

Dia dipanggil sebagai "saksi" dan "tidak dituduh melakukan kesalahan dan tidak diadili," katanya.

Campbell sebelumnya mengatakan dia tidak ingin terlibat dalam pengadilan kejahatan perang di Den Haag, Belanda. Tapi pada tanggal 1 Juli, pengadilan
mengeluarkan surat perintah pengadilan memerintahkan penampilannya. Campbell menghadapi hukuman penjara hingga tujuh tahun, denda sekitar $ 500 atau keduanya, jika ia tidak muncul.

Taylor (62), menghadapi tuduhan kejahatan perang selama konflik brutal di Sierra Leone yang dipicu oleh konflik berlian.

Jaksa menunda kasus ini pada bulan Februari 2009. Mereka diminta membuka kembali secara khusus untuk memanggil Campbell, serta aktris Mia Farrow dan saksi  Carole Taylor, Penyidik menjelaskan bahwa pada bulan Juni 2009 Taylor memberikan berlian kepada supermodel itu di Afrika Selatan pada tahun 1997, kata Farrow mengkonfirmasi pernyataan tersebut

Ketika berdebat untuk membuka kembali kasus itu, jaksa mengatakan kesaksian Campbell akan membuktikan bahwa mantan presiden "digunakan berlian kasar untuk pengayaan pribadi dan pembelian senjata," menurut surat tuntutan yang diajukan dengan pengadilan yang didukung PBB.

Taylor, 62, adalah presiden Liberia pada periode 1997 -2003. Ia dituduh melakukan kejahatan yaitu pembunuhan, pemerkosaan, dan mutilasi selama perang saudara di Sierre Leone. Hal itu dilakukan terutama kepada remaja yang dipaksa untuk membunuh, memeberi obat adiktif dan menjadi provikator tindakan kekerasan, pemerkosaan dan perampokan.

Taylor didakwa dengan lima tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan, termasuk pembunuhan, perbudakan seksual dan kekerasan, dan perbudakan. Dia juga menghadapi lima dakwaan kejahatan perang, termasuk tindakan terorisme dan penyiksaan, dan satu hitungan pelanggaran serius lainnya terhadap hukum humaniter internasional.

Dia telah mengaku tidak bersalah terhadap dakwaan.

0 comments:

  © NUMPANG share template Newspaper Style by pak ELA

Back to TOP