Selasa, 06 Juli 2010

Indonesia Jadi Tuan Rumah Penataran Pelatih Wushu Internasional

JAKARTA,- Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah penataran bagi pelatih wushu internasional yang merupakan salah satu agenda dari induk organisasi wushu dunia atau International Wushu Federation (IWUF).

Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) Supandi Kusuma di Jakarta, Senin, mengatakan, penunjukan Indonesia sebagai pelaksanaan penataran bukan tanpa sebab. Indonesia ditujuk oleh IWUF karena berbagai alasan, di antaranya telah banyak melakukan kejuaraan wushu.

"Kami sangat bangga atas kepercayaan menggelar penataran pelatih wushu internasional. Kami berharap dengan kegiatan ini pembinaan wushu di seluruh dunia termasuk Indonesia lebih berkembang," katanya di sela pembukaan penataran di Hotel Century Jakarta.


Menurut dia, penataran pelatih yang dimulai 4-12 Juli itu diikuti oleh 59 delegasi dari sembilan negara, di antaranya India, Iran, Korea Selatan, China Taipei, Malaysia dan tuan rumah Indonesia.

Sebagai narasumber pihak IWUF mengirimkan lima orang instruktur yang semuanya dari China bahkan dua di antaranya adalah seorang guru besar yaitu Guo Cun Lun Yin Yu Zhu. Tiga orang lainnya adalah Zhang Wang Wan, Zhao Jing dan Zhao Yong Yang.    "Instruktur yang datang semuanya adalah atlet wushu. Saya yakin dengan adanya penataran ini pemkembangan wushu akan lebih baik dan tidak hanya berkembang di Asia saja," katanya menambahkan.

Sementara itu, Ketua KONI/KOI Rita Subowo mengatakan, dengan adanya kepercayaan dari IWUF berarti keberadaan wushu di Indonesia telah diakui oleh dunia. Untuk itu peluang ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya."Ini adalah salah satu poin positif perkembangan wushu. Kami ingin wushu berkembang di seluruh dunia dan tidak hanya seperti saat ini yaitu di Asia saja," katanya kepada Antara di sela pembukaan penataran.

Menurut dia, ditunjuknya Indonesia sebagai penyelenggara penataran jelas menguntungkan tuan rumah. Selain tidak perlu mengirim pelatih ke luar negeri, biaya yang digunakan untuk pelatihan dan penataran bisa ditekan.

Pada penataran pelatih wushu ini Indonesia mengirim 25 pelatih dari seluruh Indonesia. Pelatih yang ikut dalam penataran tersebut  atas rekomendasi dari PBWI.

0 comments:

  © NUMPANG share template Newspaper Style by pak ELA

Back to TOP