Selasa, 29 Juni 2010

Jepang Bangga Jadi Wakil Asia

Jakarta,- Pelatih Jepang Takeshi Okada menyatakan skuad asuhannya mendapat suntikan semangat jelang pertandingan perdelapan final melawan Paraguay, Selasa besok. Motivasi tambahan itu tak lain karena Samurai Biru menyadari bahwa mereka kini menjadi satu-satunya wakil Asia di Piala Dunia 2010.

Sebelumnya ada dua perwakilan Asia di putaran kedua, Jepang dan Korea Selatan. Namun, Korea kalah 1-2 dari Uruguay. Okada sedih karena Korsel harus tersingkir setelah bersusah-payah berjuang mencapai fase knockout ini.
Oleh karena itu, sebagai rekan sesama Asia, Jepang akan mencoba sekuat tenaga lolos ke babak perempat final Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah. “Kami harus bermain dengan bangga sebagai satu-satunya wakil benua Asia yang tersisa di pertandingan ini. Kami semakin bertekad untuk mengalahkan Paraguay,” kata Okada seperti dilansir soccerway, Senin 28 Juni 2010.

Jepang bahkan mendapat dorongan semangat dari Presiden Korsel Lee Myung-Bak. Di sela-sela pertemuan G8 di Kanada, Lee menyampaikan kepada Perdana Menteri Jepang Naoto Kan bahwa ia berharap Jepang dapat mencapai babak perempat final atas restu Asia. Ini tentu memberi tenaga ekstra bagi Okada dan Samurai Biru untuk memberikan yang terbaik bagi Asia.

Okada bahkan menargetkan tempat di semifinal bagi Jepang. Ia tidak peduli bila targetnya ini disebut tidak realistis oleh banyak kalangan. Malah, hal itu tidak menyurutkan semangat Jepang yang telah tiga kali menjuarai Piala Asia.

Sejauh ini, Jepang yang termasuk salah satu tim underdog, berhasil membuat gebrakan mengejutkan di putaran pertama Piala Dunia dengan mengalahkan Kamerun 1-0 dan membungkam Denmark 3-1. Jepang hanya kalah dengan skor tipis 1-0 dari Belanda.

“Kami akan bermain dengan bangga, berani, dan terhormat sebagai wakil Asia,” ujar gelandang jepang Yuto Nagamoto. “Kami benar-benar ingin memenangkan pertandingan besok untuk Asia,” imbuh Makoto Hasebe, kapten Jepang yang juga gelandang VfL Wolfsburg.

Okada berpendapat, sebetulnya Korsel pantas untuk lolos ke babak delapan besar. “Mereka bermain sangat bagus. Sayang sekali mereka tidak menang. Tapi saya rasa Korsel kalah dengan terhormat. Mereka pulang dengan kepala tegak,” tutup Okada.

0 comments:

  © NUMPANG share template Newspaper Style by pak ELA

Back to TOP