Jumat, 21 Mei 2010

Pengorbanan Seorang Pilot Untuk Rakyat China

Jinan,-  Seorang pilot pesawat tempur Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat, China mengorbankan nyawanya guna menghindari kota yang padat penduduk ketika mesin pesawatnya mengalami gangguan dalam misi pelatihan terbang rendah malam hari.

Kapten Feng Siguang dan pemimpin skadronnya Zhang Deshan akan lepas-landas di pesawat tempur dua-tempat duduk mereka pada malam 6 Mei, ketika pesawat tersebut kehilangan tenaga mesin dan jatuh dengan bagian depan duluan di daerah kota yang berpenduduk padat di daerah Jinan, ibukota Provinsi Shandong, China timur.
Jet tempur itu, yang membawa 800 liter bahan bakar, hanya berjarak 50 meter dari permukaan tanah, yang membuat dua pilot hanya memiliki waktu beberapa detik untuk menangani situasi tersebut.

Menara pengawas lalulintas udara memerintahkan Feng dan Zhang segera melontarkan diri mereka setelah pemimpin kawakan skadron itu melaporkan keadaan darurat.

Namun Feng dan Zhang berjuang melakukan gerakan untuk membuat pesawat tersebut jatuh jauh dari daerah tempat tinggal 4.000 warga sipil.

Zhang berhasil melontarkan diri dari pesawat, tapi Feng --yang berusia 28 tahun-- menjatuhkan pesawat itu sementara ia masih berada di kursinya karena parasut di kursi tersebut gagal membuka karena pesawat hanya berada 32 meter dari permukaan tanah.

"Satu-satunya yang kami fikirkan sebelum melontarkan diri ialah melindungi warga sipil dan instalasi di bawah kami," kata Zhang dalam wawancara dengan Xinhua di satu rumah sakit militer di Jinan. Tulang pergelangan kaki kanannya patah.

Keberanian kedua pilot itu membantu pesawat tersebut menukik dan jatuh sebelum menyentuh daerah yang berpenduduk padat, dalam jarak hanya 320 meter saja.

"Itu adalah situasi hidup atau mati. Mereka menempuh bahaya untuk melindungi rakyat," kata Zhan Renming, Kepala Divisi Skadron Terbang Feng dan Zhang.

Feng Siguang telah dianugerahi penghargaan gugur sebagai pahlawan revolusi. Penghargaan itu diberikan kepada seseorang yang telah melakukan pengorbanan sangat besar bagi, atau memberi sumbangan buat, negara dan rakyatnya.

0 comments:

  © NUMPANG share template Newspaper Style by pak ELA

Back to TOP